Saturday, August 23, 2014
   
Text Size

KEPALA KKP DI SERAHTERIMAKAN

PEKANBARU - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru di serahterimakan dari dr H Muhammad Budi Hidayat yang menggantikan Dr Iskandar MKes yang kini menduduki jabatan baru sebagai Kepala Bidang Upaya Kesejahteraan Lintas Wilayah KKP Kelas I Batam. Serah terima jabatan (Sertijab) tersebut langsung disaksikan oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit.
Turut hadir dalam Sertijab tersebut, Kepala Karantina Kesehatan dan Kesehatan Matra (Simkarkesma) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Andi Muhadir MPA. Kemudian Direktur Surveilance, Imunisasi, serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau. 

HR Mambang Mit dalam kata sambutannya meminta kepada kepala kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru yang baru, agar mampu menjalankan tugasnya untuk menangkal semua penyakit yang masuk melalui pelabuhan. Apalagi Riau secara geografis merupakan daerah strategis yang langsung bertetangga dengan negeri jiran seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kondisi ini jelas akan memberikan ruang masuknya berbagai macam penyakit yang datang dari luar. Sebut saja flu burung, Sas, atau berbagai penyakit pandemi lainnya. Jika tidak ada pengawasan dilakukan secara ketat maka penyakit dari luar yang dibawa oleh manusia, akan mudah masuk ke negeri ini.

''Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan mendasar menuju masyarakat yang berkualitas. Ini merupakan pilar penting pembangunan nasional. Untuk itu, peran Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru sangat diperlukan dalam mengantisipasi masuknya wabah penyakit tersebut,'' tutur Wagubri. 

Mambang menilai potensi perpindahan penyakit tersebut dapat terjadi di pintu masuk negara. Baik di bandara, pelabuhan dan tapal batas darat negara. Salah satunya, merupakan peran Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Pekanbaru sebagai filter awal bagi masyarakat.

Sementara Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru yang baru dr H Muhammad Budi Hidayat mengatakan, siap menjalankan tugas barunya untuk menangkal masuknya berbagai penyakit dan virus dari luar. Pencegahan itu dengan melakukan pengawasan semua orang yang masuk ke Indonesia termasuk Pekanbaru khususnya.

Sebelum dilakukannya serah terima jabatan tersebut, diawali dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) tugas oleh masing-masing kepala kantor. Penandatanganan SK itu juga disaksikan oleh Mambang. (mtr)